Simamora, Elpida Sari (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142131003 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4142131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
3. NIM. 4142131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 4142131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM. 4142131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 4142131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 4142131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
8. NIM. 4142131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
9. NIM. 4142131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
13. NIM. 4142131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
14. NIM. 4142131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi larutan penyangga. Kedua model tersebut dibelajarkan menggunakan media yang sama, yaitu lembar kerja siswa (LKS). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA yang menerapkan kurikulum tahun 2013, dan sampel yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen I dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan LKS, sedangkan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan media LKS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah valid. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pretest 20,17 6,36 dan posttest 77,33 5,98. Dengan rata-rata gain sebesar 0,7142. Sedangkan kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pretest 17,67 5,979 dan posttest 71,67 6,989. Dengan rata-rata gain sebesar 0,6598. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleh thitung = 3,371 sedangkan ttabel = 2,0021 untuk = 0,05 dan db = 58, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 085 |
Keywords: | Larutan Penyangga (Buffer), Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning (PBL), Student Team Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:38 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34798 |