Gebriella, Gladys (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123331014 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4123331014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 4123331014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM. 4123331014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM. 4123331014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM. 4123331014 TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 4123331014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 4123331014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 4123331014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
13. NIM. 4123331014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM. 4123331014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu berpasangan terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MAN 1 Stabat pada materi reaksi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Stabat yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 dari 2 kelas yaitu XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang sudah valid. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model PBL melalui pendekatan POGIL dengan media kartu berpasangan dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,3 dan postest adalah 91. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol adalah 38,4 dan postest adalah 79,1. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 16,5 dan ttabel = 1,670, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Penilaian keaktifan siswa dilihat dari berpikir kritis dan kerjasama pada kelas eksperimen mendapat rata-rata sebesar 84,92 dan kelas kontrol 47,93. Hasil ujia t dua pihak diperoleh thitung = 35,431 dan ttabel = 1,670, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL melalui pendekatan POGIL dengan media kartu berpasangan terhadap hasil belajar kimia dan keaktifan siswa pada materi koloid kelas XI MAN 1 Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 094 |
Keywords: | Problem Based Learning; Process Oriented Guided Learning; Kartu Berpasangan; Hasil Belajar; Keaktifan Siswa; Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 06:48 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9706 |