Simorangkir, Agustina (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA S ISWA KELAS X SMA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4123331002 JUDUL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM. 4123331002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3 NIM. 4123331002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 NIM. 4123331002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5 NIM. 4123331002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6 NIM. 4123331002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7 NIM. 4123331002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8 NIM. 4123331002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9 NIM. 4123331002 BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13 NIM. 4123331002 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 NIM. 4123331002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dan mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Reaksi Redoks. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Swasta Raksana berjumlah empat kelas. Sampel penelitian dua kelas yang diambil secara acak yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PBL dan kelas kontrol menerapkan model konvensional (Ceramah, tanya jawab, dan tugas). Data peningkatan hasil belajar siswa diambil dengan instrumen tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 butir soal yang telah diuji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Untuk aktivitas belajar digunakan instrumen lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan hubungan aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji-r. Hasil analisis data peningkatan hasil belajar menunjukkan thitung 4,643 > ttabel 1,668 yang berarti Ho ditolak Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar kelas eksperimen (0,611+0,166) lebih tinggi dari kelas kontrol (0,433+0,162). Persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen (61,065%) lebih tinggi dari kelas kontrol (43,289%). Hasil uji-t aktivitas belajar siswa diperoleh thitung 9,4 > ttabel 1,668 yang berarti Ho2 ditolak dan Ha2 diterima yaitu aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh rhitung (0,655) > rtabel (0,329) yang berarti Ho3 ditolak, Ha3 diterima yaitu ada korelasi positif dan signifikan aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA pada penerapan model PBL materi Reaksi Redoks
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 081 |
Keywords: | Problem Based Learning; Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 04:19 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9697 |