Sianipar, Richy Gomgom (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING DENGAN PENERAPAN GAYA PENEMUAN TERBIMBING PADA KELAS VIII1 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112184 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
608112184 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
608112184 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
608112184 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
608112184 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
608112184 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
608112184 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
608112184 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
608112184 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
608112184 BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
608112184 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik lompat dalam materi lompat jauh dengan gaya mengajar penemuan terbimbing pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 27 Medan tahun ajaran 2013/2014. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukckan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik lompatanmasih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1SMP Negeri 27 MedanTahun Ajaran 2013-2014 yang berjumlah 32 orang, diantaranya terdiri dari18 orang siswa putra dan 22 orang siswa putri.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauhyaitu (67,2%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (44,8%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik lompatanpada siklus I secara keseluruhan mencapai (72,39%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajarlompat jauhyaitu (96%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (4%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik lompat jauh gaya melentingpada siklus II mencapai (75,26%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya mengajar penemuan terbimbing dapat memberikan kontribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII1 SMP NEGERI 27 MEDAN Tahun ajaran 2013 – 2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 2 Sia u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Perkembangan peserta didik; Hasil belajar; Atletik; Lompat jauh; Gaya melenting; Gaya mengajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8607 |