Situmorang, Putri Cahaya (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP NEGERI KECAMATAN NA.IX-X LABUHANBATU UTARA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121141020 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 4121141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 4121141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM. 4121141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4121141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4121141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4121141020 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4121141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 4121141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13. NIM. 4121141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 4121141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kecamatan Na.IX-X
Labuhanbatu Utara ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil
belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif Tipe Index Card Match
dan Card Sort. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan
memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Na.IX-X Labuhanbatu
Utara yaitu sebanyak 3 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 30 orang. Sampel
penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Purposif sampling,
yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 30
siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk
objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 20 soal yang masing-masing telah
dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji
normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik
Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang
dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.
Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 74 ±
10,859. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar
68,17 ± 9,51. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan Index Card Match lebih tinggi dari hasil belajar
siswa yang diajar dengan Card Sort dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh
thitung > ttabel yaitu 2,22 > 2,002 pada taraf 0,05 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 053 |
Keywords: | Hasil Belajar; Card Sord; Index Card Match; Strategi Pembelajaran Aktif, Eksperimen, Purposif sampling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:26 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8379 |