PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA AR-RAHMAN MEDAN

Rahmadayani, Rizki Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA AR-RAHMAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111012_Cover.pdf] Text
2201111012_Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 2201111012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111012_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111012_Kata_Pengantar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 2201111012_Abstrak.pdf] Text
2201111012_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 2201111012_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111012_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2201111012_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111012_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 2201111012_Daftar_Gambar.pdf] Text
2201111012_Daftar_Gambar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 2201111012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 2201111012_BAB_I.pdf] Text
2201111012_BAB_I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 2201111012_BAB_II.pdf] Text
2201111012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111012_BAB_III.pdf] Text
2201111012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of 2201111012_BAB_IV.pdf] Text
2201111012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111012_BAB_V.pdf] Text
2201111012_BAB_V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 2201111012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 2201111012_Lampiran.pdf] Text
2201111012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan menggunakan model pembelajaran CORE (Connceting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital. 2) Menganalisis kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media power point. 3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran CORE (Connceting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital
pada siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 52 siswa. Sampel terdiri dari total seluruh siswa kelas XI yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen 27
siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian posttest only control design. Hasil pengolahan data menunjukkan: 1) Kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting,
Extending) berbantuan media komik digital diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,4 dengan kategori baik. 2) Kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media power point diperoleh nilai rata-rata
sebesar 69,1 dengan kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital terhadap kemampuan menulis cerpen
siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan dengan thitung sebesar 5,52 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n=50 yaitu 2,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung 5,52 ˃ ttabel 2,01 dan hipotesis Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA S Ar-Rahman Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Menulis, Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:43
Last Modified: 07 Aug 2025 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64901

Actions (login required)

View Item
View Item