Rahmadayani, Rizki Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA AR-RAHMAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2201111012_Cover.pdf
Download (209kB)
2201111012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2201111012_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
2201111012_Abstrak.pdf
Download (141kB)
2201111012_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
2201111012_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
2201111012_Daftar_Gambar.pdf
Download (70kB)
2201111012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
2201111012_BAB_I.pdf
Download (410kB)
2201111012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2201111012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (622kB)
2201111012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2201111012_BAB_V.pdf
Download (128kB)
2201111012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (212kB)
2201111012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan menggunakan model pembelajaran CORE (Connceting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital. 2) Menganalisis kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media power point. 3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran CORE (Connceting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital
pada siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 52 siswa. Sampel terdiri dari total seluruh siswa kelas XI yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen 27
siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian posttest only control design. Hasil pengolahan data menunjukkan: 1) Kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting,
Extending) berbantuan media komik digital diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,4 dengan kategori baik. 2) Kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media power point diperoleh nilai rata-rata
sebesar 69,1 dengan kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital terhadap kemampuan menulis cerpen
siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman Medan dengan thitung sebesar 5,52 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n=50 yaitu 2,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung 5,52 ˃ ttabel 2,01 dan hipotesis Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media komik digital terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA S Ar-Rahman Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Menulis, Cerpen |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:43 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 08:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64901 |
