PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIAYOUTUBE TERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS TPI GUNUNG MELAYU

Napitupulu, Nurul Pusfita (2024) PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIAYOUTUBE TERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS TPI GUNUNG MELAYU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111041_Cover.pdf] Text
2203111041_Cover.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2203111041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111041_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111041_Kata_Pengantar.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 2203111041_Abstrak.pdf] Text
2203111041_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 2203111041_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111041_Daftar_Isi.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 2203111041_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111041_Daftar_Tabel.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 2203111041_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203111041_Daftar_Gambar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 2203111041_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111041_Daftar_Lampiran.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 2203111041_BAB_I.pdf] Text
2203111041_BAB_I.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 2203111041_BAB_II.pdf] Text
2203111041_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[thumbnail of 2203111041_BAB_III.pdf] Text
2203111041_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[thumbnail of 2203111041_BAB_IV.pdf] Text
2203111041_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111041_BAB_V.pdf] Text
2203111041_BAB_V.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 2203111041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 2203111041_Lampiran.pdf] Text
2203111041_Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025 dengan menggunakan model direct instruction. (2) Menganalisis kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025 dengan menggunakan model AIR berbantuan media Youtube. (3) menganalisis pengaruh AIR berbantuan media Youtube terhadap
kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini yaitu 127 peserta didik yang tersebar pada 4 kelas. Sampel penelitian terdapat 2 kelas yaitu kelas
VII-1 dan VII-2 sebanyak 32 peserta didik per kelas yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain two group post-test only design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mendapati nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69 tergolong dalam kategori cukup sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86 tergolong dalam kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model AIR berbantuan media Youtube berpengaruh dan meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII MTs TPI Gunung Melayu. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari uji hipotesi thitung > ttabel, yaitu 9,55 > 1,69 yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
penggunaan model pembelajaran AIR berbantuan media Youtube terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran, AIR, media, Youtube, kemampuan menulis, teks deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:17
Last Modified: 28 Jul 2025 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64441

Actions (login required)

View Item
View Item