Napitupulu, Nurul Pusfita (2024) PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIAYOUTUBE TERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS TPI GUNUNG MELAYU. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111041_Cover.pdf
Download (200kB)
2203111041_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111041_Kata_Pengantar.pdf
Download (156kB)
2203111041_Abstrak.pdf
Download (128kB)
2203111041_Daftar_Isi.pdf
Download (135kB)
2203111041_Daftar_Tabel.pdf
Download (106kB)
2203111041_Daftar_Gambar.pdf
Download (74kB)
2203111041_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
2203111041_BAB_I.pdf
Download (411kB)
2203111041_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (949kB)
2203111041_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (909kB)
2203111041_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111041_BAB_V.pdf
Download (143kB)
2203111041_Daftar_Pustaka.pdf
Download (207kB)
2203111041_Lampiran.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025 dengan menggunakan model direct instruction. (2) Menganalisis kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025 dengan menggunakan model AIR berbantuan media Youtube. (3) menganalisis pengaruh AIR berbantuan media Youtube terhadap
kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini yaitu 127 peserta didik yang tersebar pada 4 kelas. Sampel penelitian terdapat 2 kelas yaitu kelas
VII-1 dan VII-2 sebanyak 32 peserta didik per kelas yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain two group post-test only design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mendapati nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69 tergolong dalam kategori cukup sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86 tergolong dalam kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model AIR berbantuan media Youtube berpengaruh dan meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII MTs TPI Gunung Melayu. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari uji hipotesi thitung > ttabel, yaitu 9,55 > 1,69 yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
penggunaan model pembelajaran AIR berbantuan media Youtube terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII MTs TPI Gunung Melayu Tahun Pembelajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran, AIR, media, Youtube, kemampuan menulis, teks deskripsi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:17 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64441 |
