PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DLPS (DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN

Nasution, Khairu Zahra (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DLPS (DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111020_Cover.pdf] Text
2201111020_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2201111020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 2201111020_Abstrak.pdf] Text
2201111020_Abstrak.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2201111020_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111020_Kata_Pengantar.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 2201111020_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111020_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 2201111020_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111020_Daftar_Tabel.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 2201111020_Daftar_Gambar.pdf] Text
2201111020_Daftar_Gambar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 2201111020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 2201111020_BAB_I.pdf] Text
2201111020_BAB_I.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 2201111020_BAB_II.pdf] Text
2201111020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111020_BAB_III.pdf] Text
2201111020_BAB_III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111020_BAB_IV.pdf] Text
2201111020_BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111020_BAB_V.pdf] Text
2201111020_BAB_V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 2201111020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 2201111020_Lampiran.pdf] Text
2201111020_Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa SMP Negeri 4 Medan tanpa menggunakan model pembelajaran DLPS. (2) untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa SMP Negeri 4 Medan
dengan menggunakan model pembelajaran DLPS. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DLPS terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa SMP Negeri 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Medan berjumlah 351 siswa, yang terdiri 11 kelas yaitu dari kelas VII-1 hingga VII-11. Subjek yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan, dengan sampel sebanyak 64 siswa. Siswa dengan model pembelajaran DLPS sebanyak 32 orang dan siswa dengan model konvensional sebanyak 32
orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling, dilakukan dengan menentukan dan membagi sampel jika yang diteliti sangat luas. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu kesesuaian judul, kelengkapan
struktur, kelengkapan unsur 5W+1H, kelengkapan kaidah kebahasaan, dan ketepatan ejaan serta tanda baca. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen, dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik analisis
data menggunakan uji persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan menerapkan
model pembelajaran DLPS diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,18. Pemerolehan nilai siswa di kelas eksperimen tergolong kategori baik dengan persentasi 62,5%. Hasil penelitian kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 58,12. Pemerolehan hasil menulis teks berita siswa di kelas kontrol berada pada rentang dikategori cukup dengan persentasi 40,62%. Berdasarkan hasil tersebut, membuktikan bahwasannya model
pembelajaran DLPS lebih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Double Loop Problem Sloving; Teks Berita Kemampuan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:44
Last Modified: 24 Jul 2025 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64296

Actions (login required)

View Item
View Item