Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 065011 Medan

Samosir, Reni Afriani (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 065011 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311112_Cover.pdf] Text
1203311112_Cover.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1203311112_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311112_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1203311112_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311112_Kata_Pengantar.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1203311112_Abstrak.pdf] Text
1203311112_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1203311112_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311112_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1203311112_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311112_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311112_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311112_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311112_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311112_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311112_BAB_I.pdf] Text
1203311112_BAB_I.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 1203311112_BAB_II.pdf] Text
1203311112_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311112_BAB_III.pdf] Text
1203311112_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[thumbnail of 1203311112_BAB_IV.pdf] Text
1203311112_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[thumbnail of 1203311112_BAB_V.pdf] Text
1203311112_BAB_V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1203311112_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311112_Daftar_Pustaka.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203311112_Lampiran.pdf] Text
1203311112_Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 065011 Medan
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Negeri 065011 Medan yang terdiri dari kelas V-A dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes hasil
belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan berbantuan aplikasi SPSS (Statistical Program For Social Science). Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil belajar diperoleh nilai ratarata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 75,74, sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelaajran konvensional (ceramah) yaitu 63,13. Pada uji
normalitas yang dilakukan diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi nomal. Pada uji homogenitas, data penelitian bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample t test, diketahui nilai sig. two tailed 0.000 dimana niali sig. yang diperoleh 0,05, maka dinyatakan terdapat perbedaan antara hasil belajar pada kelas V-A dan Kelas V-B. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa
adanya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 065011 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Matematika; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:57
Last Modified: 16 Jul 2025 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63714

Actions (login required)

View Item
View Item