Ginting, Rani Eprilia (2024) Komparasi Teknik Vokal Karo Konvensional dan Pop Karo Pada Lagu Sora Mido Karya Djaga Depari oleh Bengkel Pinem dan Zie Toumahow. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2202142004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Cover.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 2202142004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (749kB)
![[thumbnail of 2202142004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Abstrak.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 2202142004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Kata_Pengantar.pdf
Download (374kB)
![[thumbnail of 2202142004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Daftar_Isi.pdf
Download (387kB)
![[thumbnail of 2202142004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Daftar_Tabel.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 2202142004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_BAB_I.pdf
Download (795kB)
![[thumbnail of 2202142004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202142004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB)
![[thumbnail of 2202142004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 2202142004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_BAB_V.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 2202142004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (559kB)
![[thumbnail of 2202142004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202142004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (665kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Teknik Vokal yang digunakan oleh
Bengkel Pinem pada lagu Sora Mido Karya Djaga Depari. Untuk mengetahui teknik
Vokal yang digunakan Zie Toumahow pada lagu Sora Mido Karya Djaga Depari.
Komparasi Teknik Vokal Karo Konvensional dan Pop Karo Pada Lagu Sora Mido
Karya Djaga Depari oleh Bengkel Pinem dan Zie Toumahow. Landasan teori
dalam penelitian ini membahas tentang Perbandingan teknik vokal yang digunakan
oleh Bengkel Pinem, teknik vokal yang digunakan Zie Toumahow, Penelitian ini
dilakukan di E.M Studio Recording Mulai Bulan Februari sampai bulan April 2024.
Penelitian ini memiliki populasi yakni semua karya Djaga Depari. Metode
Penelitian yang digunakan adalah metode penelitin kualitatif dengan Jenis
penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
obervasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh beberapa hasil
penelitian diantaranya: Teknik Vokal yang digunakan Bengkel Pinem pada lagu
Sora Mido karya Djaga Depari yang terdiri dari: Sikap Badan, Sikap Berdiri,
Pernafasan, Artikulasi/ Pengucapan, Resonansi, Frashering, Intonasi, Dinamika,
Interpretasi, Vibrato, Ekspresi dan Penjiwaan, Register Suara (suara asli
menggunakan teknik rengget) dan powering Teknik Vokal Pop yang digunakan
oleh Zie Toumahow pada lagu Sora Mido Karya Djaga Depari yang terdiri dari:
sikap badan, sikap berdiri, Pernafasan, Artikulasi/ Pengucapan, Resonansi,
Frashering, Intonasi, Dinamika, Interpretasi, Vibrato, Ekspresi dan Penjiwaan,
Register Suara (chest voice dan Falseto) dan Powering. Komparasi Teknik Vokal
Karo Konvensional dan Pop Karo Pada Lagu Sora Mido Karya Djaga Depari oleh
Bengkel Pinem dan Zie Toumahow yaitu Bengkel Pinem menggunakan Suara Asli
dan Chest Voice, dengan range vokal Tenor, register suara yaitu Chest Voice,
memiliki vibrato, menggunakan pernafasan dada, bernyanyi dengan sikap badan
berdiri, pengucapa artikulasi yang jelas, menggunakan resonansi tengah, ekspresi
dan penjiwaan yang sangat menghayati, menggunakan frashering dengan aturan
yang tepat dan powering. Sedangkan Teknik vocal Zie Toumahow yaitu
menggunakan vokal pop, dengan range vokal alto, register suara chest voice dan
falsetto, menggunakan pernafasan dada dan difragma, bernyanyi dengan sikap
badan berdiri dan duduk, pengucapan artikulasi lebih berfokus pada rongga mulut,
menggunakan resonansi dada, ekspresi dan penjiwaan yang tepat, menggunakan
frashering yang baik dan menggunakan powering.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komparasi; Teknik Vokal; Bengkel Pinem; Zie Toumahow |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63348 |