Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Putri, Henny Dheana (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193111031 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193111031 COVER.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193111031 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193111031 APPROVAL SHEET.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 3. NIM.2193111031 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193111031 ABSTRACT.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193111031 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193111031 PREFACE.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193111031 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193111031 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193111031 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2193111031 LIST OF TABLE.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193111031 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2193111031 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8. NIM.2193111031 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2193111031 CHAPTER I.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 12. NIM.2193111031 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2193111031 CHAPTER V.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 13. NIM.2193111031 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2193111031 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 304 siswa. Dari 304 siswa ditetapkan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” data dan diperoleh bahwa kemampuan menulis teks persuasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) 53,83, sedangkan kemampuan menulis teks persuasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle meningkat dengan nilai rata-rata (mean) 81,16. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu sebesar 13,14 > 2,045, maka disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengaruh, model pembelajaran learning cycle, menulis teks persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:19
Last Modified: 26 Apr 2024 09:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55704

Actions (login required)

View Item
View Item