Putri, Henny Dheana (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111031 COVER.pdf
Download (102kB)
2. NIM.2193111031 APPROVAL SHEET.pdf
Download (528kB)
3. NIM.2193111031 ABSTRACT.pdf
Download (138kB)
4. NIM.2193111031 PREFACE.pdf
Download (336kB)
5. NIM.2193111031 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (103kB)
6. NIM.2193111031 LIST OF TABLE.pdf
Download (72kB)
7. NIM.2193111031 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (71kB)
8. NIM.2193111031 CHAPTER I.pdf
Download (603kB)
12. NIM.2193111031 CHAPTER V.pdf
Download (98kB)
13. NIM.2193111031 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (129kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 304 siswa. Dari 304 siswa ditetapkan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” data dan diperoleh bahwa kemampuan menulis teks persuasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) 53,83, sedangkan kemampuan menulis teks persuasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle meningkat dengan nilai rata-rata (mean) 81,16. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu sebesar 13,14 > 2,045, maka disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh, model pembelajaran learning cycle, menulis teks persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:19 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55704 |