Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kineshtetic (VAK) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan

Purba, Devi Oktavia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kineshtetic (VAK) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193111025 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193111025 COVER.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193111025 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193111025 APPROVAL SHEET.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of 3. NIM.2193111025 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193111025 ABSTRACT.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193111025 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193111025 PREFACE.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193111025 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193111025 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193111025 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2193111025 LIST OF TABLE.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193111025 CHAPTER I.pdf] Text
7. NIM.2193111025 CHAPTER I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 11. NIM.2193111025 CHAPTER V.pdf] Text
11. NIM.2193111025 CHAPTER V.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 12. NIM.2193111025 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
12. NIM.2193111025 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang hanya berfokus kepada guru dan buku, dengan tidak adanya suara atau gambar yang menjadi pendukung dalam melakukan kegiatan menulis teks persuasi. Penelitian
ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang terjadi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran visual auditory kineshtetik (VAK) terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII. Standar kompetensi yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah pada kurikulum 2013 dengan KI 3.14 dan 4.14. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group design dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pemberian posttest dan pretetst. Penelitian ini dilakukan berlokasi di SMP Negeri 37 Medan dengan kelas VIII-D sebagai kelas sampel yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian terlihat dari skor pretest (sebelum adanya perlakukan) yaitu 64,93 dan skor posttes (sesudah adanya perlakuan) yaitu 80,10. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan uji t diperoleh nilai thitung = 7,97 setelah thitung diketahui selanjukan nilak tersebut akan dikonsultasikan pada sebuah taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 29, diperoleh ttabel= 2,048407. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 7,97 > 2,048407, maka hipotesis nihil (H0) ditolah dan hipotesis alternatif (Ha) diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengaruh, model pembelajaran vak, kemampuan menulis, teks persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:35
Last Modified: 24 Apr 2024 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55421

Actions (login required)

View Item
View Item