PENGARUH MODEL PjBL DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) TERHADAP LITERASI HOTS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Marpaung, Christine Petricia (2023) PENGARUH MODEL PjBL DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) TERHADAP LITERASI HOTS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1 NIM 41933310023 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 41933310023 COVER.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 41933310023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 41933310023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 41933310023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 41933310023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 41933310023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 41933310023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 41933310023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 41933310023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 41933310023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM 41933310023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 41933310023 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM 41933310023 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 41933310023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 41933310023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 41933310023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 41933310023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 41933310023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 41933310023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14NIM 41933310023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14NIM 41933310023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview

Abstract

Setiap peserta didik dituntut untuk menguasai literasi sains dalam kehidupan bermasyarakat karena literasi ini berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam mengaitkan isu-isu tentang sains dan gagasannya sebagai warga Negara. Pengaruh logis dari tuntutan profesionalitas guru dalam penyajian pembelajaran kimia adalah kemampuan guru dalam menciptakan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai HOTS literasi siswa menggunakan model PjBL dengan media Teka-Teki Silang pada materi Laju Reaksi terhadap nilai yang dihipotesiskan sebesar 70 dan untuk mendeskripsikan aspek HOTS literasi yang paling terkembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan validasi tes diperoleh jumlah soal yang valid sebanyak 16 butir soal dengan reliabillitas sebesar 0,7336. Uji normalitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Ananlisis data menunjukkan bahwa nilai N-Gain memenuhi kriteria tinggi yaitu sebesar 0,7079 (70,79%). Uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 7,152 dengan ttabel sebesar 1,692 dengan demikian thitung > ttabel sehingga hipotesis penelitian diterima. Artinya rerata nilai HOTS literasi siswa melalui model PjBL dengan media Teka-Teki Silang melebihi nilai yang dihipotesiskan sebesar 70. Aspek HOTS Literasi yang paling terkembangkan dalam penelitian ini adalah C5 Penalaran dengan persentase sebesar 72,45%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model PjBL, Teka-Teki Silang, HOTS literasi, Laju Reaksi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 29 Feb 2024 04:40
Last Modified: 29 Feb 2024 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54399

Actions (login required)

View Item
View Item