Gea, Widya Ningsih (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193351016_Cover.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4193351016_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
4193351016_Abstrak.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4193351016_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4193351016_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4193351016_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4193351016_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4193351016_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4193351016_BAB_I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4193351016_BAB_V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4193351016_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 menurut ahli media, (2) Tingkat kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 menurut ahli materi, (3) Tingkat kelayakan produk multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 menurut ahli pembelajaran, (4) Tingkat kelayakan produk multimedia
interaktif berbasis Articulate Storyline 3 menurut guru, (5) Tingkat kelayakan produk multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 menurut siswa dan (6) Tingkat efektivitas hasil belajar setelah menggunakan produk multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi sistem organisasi kehidupan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 7 Medan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D (4D) yaitu definisi, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Teknik analisis data yang digunakan (1) uji kelayakan media, (2) uji validitas, (3) uji reliabilitas, (4) uji tingkat kesukaran, (5) uji daya beda dan (6) uji N-Gain. Hasil penelitian diperoleh
: (1) Tingkat kelayakan produk oleh ahli media diperoleh nilai persentase sebesar 96,67% dengan kriteria sangat layak, (2) Tingkat kelayakan produk oleh ahli materi diperoleh nilai persentase sebesar 76,04% dengan kriteria layak, (3) Tingkat kelayakan produk oleh ahli pembelajaran diperoleh nilai persentase sebesar 96,67% dengan kriteria sangat layak, (4) Tingkat kelayakan produk menurut respon guru diperoleh nilai sebesar 98,81% dengan kriteria penilaian sangat layak, (5) Tingkat kelayakan produk menurut siswa diperoleh nilai sebesar 86% dengan kriteria sangat
layak dan (6) Tingkat efektivitas setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi sistem organisasi kehidupan diperoleh nilai sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 7 Medan dan di simpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi
sistem organisasi kehidupan sangat layak, efektif dan efisien digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia Interaktif, Articulate Storyline 3, Model Pengembangan 4D,Sistem Organisasi Kehidupan dan Efektivitas hasil belajar siswa. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 04:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54315 |