Siregar, Nurhayani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113331031 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4113331031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
3. NIM. 4113331031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4. NIM. 4113331031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
4. NIM. 4113331031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
5. NIM. 4113331031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM. 4113331031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7. NIM. 4113331031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
8. NIM. 4113331031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
9. NIM. 4113331031 BAB I.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
13. NIM. 4113331031 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 4113331031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) kelas eksperimen I dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) kelas eksperimen II pada materi Tata Nama Senyawa Kimia, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAN 11 Medan, yang berjumlah 8 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak (Random Sampling), satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas lagi sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel = 0,6661. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen memiliki rata – rata nilai pretest 30,17 + 6,36 dan post-tes 79,67 + 10,25 dengan rata – rata gain sebesar 0,71. Sedangkan siswa pada kelas Kontrol memiliki rata – rata nilai pretest 27,33 + 6,79 dan post-tes 73,33 + 8,94 dengan rata – rata gain sebesar 0,63. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleh thitung = 2,556 sedangkan ttabel = 2,0021 untuk α = 0,05 dan db = 58, sehingga thitung>ttabel. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) yaitu sebesar 8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 010 |
Keywords: | Problem Based Learning (PBL);Student Team achievement Division (STAD); Tata Nama Senyawa Kimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 19:37 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5125 |