Br. Sembirng, Epinta (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP N 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183351018 COVER.docx - Published Version
Download (28kB)
2. 4183351018 APPROVAL SHEET.docx - Published Version
Download (162kB)
3. 4183351018 ABSTRACT.docx - Published Version
Download (12kB)
4. 4183351018 PREFACE.docx - Published Version
Download (9kB)
5. 4183351018 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version
Download (9kB)
6. 4183351018 ILLUSTRATION.docx - Published Version
Download (7kB)
7. 4183351018 TABLES.docx - Published Version
Download (7kB)
8. 4183351018 APPENDICES.docx - Published Version
Download (7kB)
9. 4183351018 CHAPTER I.docx - Published Version
Download (15kB)
13. 4183351018 CHAPTER V.docx - Published Version
Download (8kB)
14. 4183351018 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version
Download (12kB)
Abstract
materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 11 Medan T.P 2021/2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 11 Medan T.A 2021/2022. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan memberi soal pretes pada awal pembelajaran dan postes pada akhir pembelajaran. Soal tes yang sebelum diberikan kepada sampel, dikembangkan melalui validasi ahli dan uji coba kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Medan. Data yang dianalisis dengan menghitung rata-rata yang diperoleh siswa setelah mendapat perlakuan. Data dianalisis dengan menghitung Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil rata-rata tes pretes dan postes kelas eksperimen adalah masing-masing 46.87 dan 80.09 lebih tinggi dari pada rata-rata test pada kelas kontrol data pretes dan postest adalah 41.76 Dan 72.33. Hasil pengujian hipotesis menggunakan metode uji t (independent t-test)hasil belajar siswa diperoleh bahwa thitung > t tabel yaitu (3.947 > 2.000). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-021 / 371.33 Sem p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Video; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:37 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50205 |