Simanungkalit, Rick Hunter (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172070 Cover.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. 8136172070 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8136172070 Abstrak.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. 8136172070 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. 8136172070 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. 8136172070 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. 8136172070 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. 8136172070 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 8136172070 Bab I.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
10. 8136172070 Bab V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
11. 8136172070 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan (3) Bagaimana peningkatan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah buku guru, buku siswa, RPP, LAS, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A. 2014/2015, dengan mengambil sampel dua kelas yang berjumlah 70 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop dan disseminate. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar adalah baik ditinjau dari valid, praktis dan efektif. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sim p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4576 |