Lubis, Hefni Lidia (2015) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 16 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172031 Cover.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. 8106172031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
3. 8106172031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. 8106172031 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. 8106172031 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. 8106172031 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. 8106172031 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. 8106172031 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. 8106172031 Bab I.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
10. 8106172031 Bab V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
11. 8106172031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (3) apakah proses jawaban siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik (bervariasi) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 16 Medan dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan. Sampel yang dipilih sebanyak dua kelas dipilih secara purposif yaitu kelas VIII(7) dipilih sebagai kelas eksperimen untuk pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended dan kelas VIII(9) dipilih sebagai kelas kontrol untuk pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pre-test-post-test control group design. Data diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan berfikir kreatif matematis. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Sebelum digunakan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini adalah : (1)kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2)kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3)Proses jawaban kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik (bervariasi) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (4)proses jawaban kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik (bervariasi) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan pendekatan open-ended menjadi alternatif di kelas yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 |
Keywords: | Pembelajaran Open-Ended; Kemampuan Pemecahan Masalah; Berfikir Kreatif Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4545 |