Losi, Nanda Tia (2021) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning ditinjau dari Gender di MTs PAB 1 Helvetia. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196171010 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 8196171010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8196171010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 8196171010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 8196171010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM. 8196171010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM. 8196171010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 8196171010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
12. NIM. 8196171010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM. 8196171010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model problem based learning dengan siswa yang diajar menggunakan model guided discovery learning berbantuan GeoGebra; (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan perempuan; (3) interaksi antara model pembelajaran (PBL dan GDL) berbantuan GeoGebra dengan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII MTs PAB 1 Helvetia yang berjumlah 190 siswa Tahun Pelajaran 2020/2021, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai Fhitung(A) lebih besar daripada nilai Ftabel pada = 0,05 yaitu 5,249 > 4,001 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar mengggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan GeoGebra dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan GeoGebr; (2) nilai Fhitung(B) sebesar 4,750 lebih besar daripada nilai Ftabel pada = 0,05 yaitu 4,750> 4,001 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan perempuan; (3) nilai Fhitung(AB) sebesar 2,277 lebih kecil daripada nilai Ftabel pada = 0,05 yaitu 2,277 < 4,001, maka H0 diterima yang artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (PBL dan GDL) berbantuan GeoGebra dengan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 2 Los p |
Keywords: | Komunikasi Matematis; Model Problem Based Learning; Model Guided Discovery Learning; Gender; GeoGebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 02:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43226 |