PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMA NEGERI 3 MEDAN

Sartika, Mia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106173006 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106173006 Judul.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106173006 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106173006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106173006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106173006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106173006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106173006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106173006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106173006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106173006 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106173006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106173006 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106173006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106173006 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106173006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106173006 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106173006 Bab I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106173006 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106173006 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106173006 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106173006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa; (2) Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa; (3) Pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa; (4) Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (5) Pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; dan (6) Pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 9 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 2 kelas dengan jumlah 86 orang siswa yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas dengan pembelajaran langsung dan kelas XI IPA5 sebagai kelas dengan model pembelajaran PBL. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: (1) Angket efikasi diri dalam bentuk pernyataan tertutup dengan skala Likert 1-4 sebanyak 26 item; (2) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 27 item; dan (3) Tes berpikir kritis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 14 item. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji anakova dan anava 2 jalur dengan taraf signifikansi α=0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa dengan Fhit = 0,933; p = 0,337. Meskipun demikian, prosentase kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dalam menjawab soal ranah taksonomi Bloom (sebesar 12,42% pada ranah kognitif C2; sebesar 2,52% pada kognitif C3; dan sebesar 11,41% pada kognitif C5) jika dibandingkan dengan prosentase kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional; (2) Tidak ada pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa dengan Fhit = 1,545; p = 0,217; (3) Ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa dengan Fhit = 4,372; P = 0,040, dimana kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL yang memiliki efikasi diri tinggi (A1B1) (59,83 ± 9,79) berbeda signifikan lebih tinggi sebesar 8,16 % jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL yang memiliki efikasi diri rendah (A1B2) (51,67 ± 11,21); (4) Tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit = 0,573; p = 0,451. Namun, kemampuan evaluasi argumen siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional; (5) Tidak ada pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit = 1,053; p = 0,308. Meskipun demikian, kemampuan deduksi dan interpretasi informasi siswa yang memiliki efikasi diri tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan siswa yang memiliki efikasi diri rendah; (6) Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit = 1,877; P = 0,174.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Sar p
Keywords: Efikasi diri; Berpikir kritis; Kemampuan inferensi; Kemampuan asumsi; Kemampuan interpretasi; Evaluasi argumen; Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 03 Jun 2016 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item
View Item