Sartika, Mia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173006 Judul.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. 8106173006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
3. 8106173006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. 8106173006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. 8106173006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. 8106173006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. 8106173006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. 8106173006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. 8106173006 Bab I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
10. 8106173006 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
11. 8106173006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa; (2) Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa; (3) Pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa; (4) Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (5) Pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; dan (6) Pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 9 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 2 kelas dengan jumlah 86 orang siswa yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas dengan pembelajaran langsung dan kelas XI IPA5 sebagai kelas dengan model pembelajaran PBL. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: (1) Angket efikasi diri dalam bentuk pernyataan tertutup dengan skala Likert 1-4 sebanyak 26 item; (2) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 27 item; dan (3) Tes berpikir kritis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 14 item. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji anakova dan anava 2 jalur dengan taraf signifikansi α=0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa dengan Fhit = 0,933; p = 0,337. Meskipun demikian, prosentase kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dalam menjawab soal ranah taksonomi Bloom (sebesar 12,42% pada ranah kognitif C2; sebesar 2,52% pada kognitif C3; dan sebesar 11,41% pada kognitif C5) jika dibandingkan dengan prosentase kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional; (2) Tidak ada pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa dengan Fhit = 1,545; p = 0,217; (3) Ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa dengan Fhit = 4,372; P = 0,040, dimana kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL yang memiliki efikasi diri tinggi (A1B1) (59,83 ± 9,79) berbeda signifikan lebih tinggi sebesar 8,16 % jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL yang memiliki efikasi diri rendah (A1B2) (51,67 ± 11,21); (4) Tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit = 0,573; p = 0,451. Namun, kemampuan evaluasi argumen siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional; (5) Tidak ada pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit = 1,053; p = 0,308. Meskipun demikian, kemampuan deduksi dan interpretasi informasi siswa yang memiliki efikasi diri tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan siswa yang memiliki efikasi diri rendah; (6) Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit = 1,877; P = 0,174.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sar p |
Keywords: | Efikasi diri; Berpikir kritis; Kemampuan inferensi; Kemampuan asumsi; Kemampuan interpretasi; Evaluasi argumen; Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4300 |