Sonia, Tiarmayanti Novita (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Hasil Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Siswa SMA di Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176121005 COVER.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
2. NIM. 8176121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3. NIM. 8176121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
4. NIM. 8176121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 8176121005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 8176121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM. 8176121005 TABELS.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 8176121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM. 8176121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13. NIM. 8176121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 8176121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) perbedaan hasil belajar pemahaman teks bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Collaborative Strategic
Reading (CSR) dan anak yang diajar dengan strategi pembelajaran Directed, Reading, Thinking, Activity (DRTA) (2) perbedaan hasil belajar pemahaman teks bahasa Inggris siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi dan siswa yang kecerdasan linguistik rendah (3) interaksi antara kedua strategi pembelajaran dan kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar pemahaman teks bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1 kelas di SMA Negeri 2 Medan dan 1 kelas di SMA Negeri 5 Medan. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar pemahaman teks bahasa Inggris dan angket kecerdasan
linguistik siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava 2 jalur pada data yang telah berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis
diperoleh: (1) hasil pemahaman teks bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi Collaborative Strategic Reading (CSR) lebih tinggi daripada siswa yang
diajar dengan strategi Directed, Reading, Thinking, Activity (DRTA), hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,65 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (2) kemampuan pemahaman membaca teks bahasa Inggris siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi lebih tinggi daripada anak yang memiliki kecerdasan linguistik rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 9,38 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1,68); (3) terdapat interaksi antara penggunaan kedua strategi pembelajaran dengan tingkat
kecerdasan linguistik dalam mempengaruhi peningkatan kemampuan pemahaman membaca teks bahasa Inggris siswa, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 58,8 >
Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1,68). Dari hasil analisis data disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran Collaborative Strategic
Reading (CSR) lebih baik daripada strategi Directed, Reading, Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa. Siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi memperoleh hasil belajar bahasa Inggris lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Son p |
Keywords: | collaborative strategic reading; directed; reading; thinking; activity; kecerdasan linguistik, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 00:37 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42303 |