Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Rasional Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan

Wacy, Dyan Loka Vitha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Rasional Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156122006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156122006 COVER.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156122006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156122006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156122006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156122006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156122006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156122006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156122006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156122006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156122006 LIST  OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156122006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156122006 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156122006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156122006 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156122006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156122006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156122006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156122006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156122006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156122006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156122006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran Inquiry, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki berfikir rasional tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar IPA siswa yang memiliki berfikir rasional rendah, (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan Berpikir Rasional siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan. Sampel penelitian diambil dari 2 sekolah dengan 2 kelas yaitu kelas V Sekolah Dasar Negeri 101774 Sampali dan Sekolah Dasar Negeri 106812 Bandar Klippa.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran POE lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang memperoleh dimana nilai Fhitung=13,08, sedangkan nilai Ftabel= 3,99 sehingga Fhitung=13,08 > Ftabel=3,99. (2) Kemampuan belajar IPA siswa yang memiliki berfikir rasional tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki berfikir rasional rendah. Hal ini dapat dilihat dari analasis data yang memperoleh dimana nilai Fhitung=13,35 sedangkan Ftabel=3,99, sehingga Fhitung=13,35 > Ftabel=3,99. (3) Adanya interaksi antara model pembelajaran dan berpikir rasional siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang memperoleh dimana nilai Fhitung=28,19 sedangkan Ftabel=3,99 sehingga Fhitung=28,19 > Ftabel=3,99.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan adanya interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir rasional siswa terhadap hasil belajar IPA, untuk itu disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan ciri siswa termasuk berfikir rasional tinggi dan rendah siswa sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.36 Wac p
Keywords: Model Pembelajaran; POE dan Inquiry; Berfikir rasional tinggi Rendah, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:37
Last Modified: 10 Mar 2021 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41449

Actions (login required)

View Item
View Item