Wacy, Dyan Loka Vitha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Rasional Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156122006 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2. NIM. 8156122006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
3. NIM. 8156122006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4. NIM. 8156122006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 8156122006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
6. NIM. 8156122006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7. NIM. 8156122006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. NIM. 8156122006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
9. NIM. 8156122006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
13. NIM. 8156122006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM. 8156122006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran Inquiry, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki berfikir rasional tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar IPA siswa yang memiliki berfikir rasional rendah, (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan Berpikir Rasional siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan. Sampel penelitian diambil dari 2 sekolah dengan 2 kelas yaitu kelas V Sekolah Dasar Negeri 101774 Sampali dan Sekolah Dasar Negeri 106812 Bandar Klippa.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran POE lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang memperoleh dimana nilai Fhitung=13,08, sedangkan nilai Ftabel= 3,99 sehingga Fhitung=13,08 > Ftabel=3,99. (2) Kemampuan belajar IPA siswa yang memiliki berfikir rasional tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki berfikir rasional rendah. Hal ini dapat dilihat dari analasis data yang memperoleh dimana nilai Fhitung=13,35 sedangkan Ftabel=3,99, sehingga Fhitung=13,35 > Ftabel=3,99. (3) Adanya interaksi antara model pembelajaran dan berpikir rasional siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang memperoleh dimana nilai Fhitung=28,19 sedangkan Ftabel=3,99 sehingga Fhitung=28,19 > Ftabel=3,99.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan adanya interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir rasional siswa terhadap hasil belajar IPA, untuk itu disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan ciri siswa termasuk berfikir rasional tinggi dan rendah siswa sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Wac p |
Keywords: | Model Pembelajaran; POE dan Inquiry; Berfikir rasional tinggi Rendah, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 07:37 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41449 |