ANALISIS KEMAMPUAN DAYA RUANG SISWA BERBASIS TEORI VANHIELE DAN DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

SILALAHI, ERWIN PANDAPOTAN (2020) ANALISIS KEMAMPUAN DAYA RUANG SISWA BERBASIS TEORI VANHIELE DAN DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176172014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176172014 COVER.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176172014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176172014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176172014 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176172014 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176172014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176172014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176172014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176172014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176172014 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176172014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176172014 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176172014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176172014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176172014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176172014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176172014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176172014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176172014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk menganalisis kemampuan daya ruang siswa berbasis teori Van Hiele 2) Untuk menganalisis disposisi matematis berdasarkan Pembelajaran Matematika Realistik 3) Untuk mengetahui banyaknya indikator yang sulit dari kemampuan daya ruang yang diajari berdasarkan Pembelajaran Matematika Realistik.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mendeskripsikan kemampuan daya ruangberbasis teori van hiele dan kemampuan disposisi matematis.Untuk tahap kemampuan daya ruang berbasis teori van hiele terdiri dari visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi,dan rigor. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas XII IPA-1 SMA Swasta RK Serdang Murni yang diberi perlakuan pembelajaran matematika realistik pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan Daya Ruang berbasis matematis siswa berbasis teori Van Hiele yang diukur melalui soal test yang berkaitan dengan materi Dimensi Tiga berada pada kemampuan predikat sangat baik sebanyak 4 siswa ,predikat baik sebanyak 6 siswa,kemampuan dengan predikat Cukup sebanyak 12 siswa dan memiliki kemampuan predikat Kurang sebanyak 8. Banyak siswa yang mencapai level kemampuan Daya Ruang berdasarkan teori Van Hiele adalah siswa yang mencapai indikator Visualisasi terdiri 28 siswa, yang mencapai indikator Analisis terdiri 27 siswa, yang mencapai indikator deduksi informal terdiri 14 siswa, yang mencapai indikator deduksi 5 siswa,yang mencapai rigor 2 siswa. Sedangkan disposisi matematis siswa yang diukur melalui angket disposisi matematis yang berkaitan dengan materi Dimensi Tiga berada pada disposisi matematis dengan predikat baik sebanyak 9 siswa, sedangkan yang lainnya memiliki disposisi predikat cukup sebanyak 20 siswa dan disposisi matematis predikat Kurang sebanyak 1 siswa. 2). Kemampuan daya ruang siswa ditinjau dari kemampuan disposisi sangat baik, bahwa tidak ada siswa yang memiliki kemampuan disposisi siswa yang sangat baik. Kemampuan daya ruang siswa ditinjau dari kemampuan disposisi baik, terdapat 10 siswa yang memiliki tingkat kemampuan disposisi yang baik. Kemampuan daya ruang siswa ditinjau dari kemampuan disposisi cukup, terdapat 19 siswa yang memiliki tingkat kemampuan disposisi yang cukup. Kemampuan daya ruang siswa ditinjau dari kemampuan disposisi kurang, terdapat 1 siswa yang memiliki tingkat kemampuan disposisi yang kurang. 3) Kesulitan Predikat A yaitu kesulitan yang alami adalah kesulitan prinsip.Predikat yaitu kesulitan yang dialami adalah kesulitan prinsip. Predikat C yaitu kesulitan yang dialami adalah kesulitan prinsip. Predikat D yaitu Kesulitan yang dialami adalah kesulitan konsep dan kesulitan prinsip.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 515 Sil a
Keywords: KEMAMPUAN DAYA RUANG; Teori Vanhiele; Disposisi Matematis; Pembelajaran Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 09:33
Last Modified: 09 Nov 2020 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40688

Actions (login required)

View Item
View Item