PENGEMBANGAN LAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020

SARI, MUTIA (2020) PENGEMBANGAN LAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4151111057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151111057 COVER.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151111057 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151111057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151111057 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151111057 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151111057 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151111057 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151111057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151111057 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151111057 BAB I.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151111057 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151111057 BAB V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis etnomatematika yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemahaman konsep matematika siswa terbangun bila dilihat dari proses jawaban yang dikonstruksi siswa setelah penggunaan LAS berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Medan yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan LAS berbasis etnomatematika pada pembelajaran matematika realistik yang berkualitas dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil validasi ditunjukkan dari validasi isi oleh pakar ahli yang menyatakan “LAS dapat digunakan tanpa revisi”. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik tahap one to one, kelas kecil dan respon guru dengan presentase masing-masing sebesar 75%, 75% dan 82,33%. Keefektifan dilihat dari ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,66%, ketercapaian tiap indikator sebesar 97,78%, 97%, dan 81,95% untuk tiap indikator, dan respon siswa positif sebesar 87,56%. Proses jawaban yang dikonstruksi siswa menunjukkan bahwa penggunaan LAS berbasis etnomatematika dapat membangun pemahaman konsep matematika siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 MAT 071
Keywords: Lembar Aktivitas Siswa, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendidikan Realistik, Penelitian Pengembangan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:27
Last Modified: 10 Sep 2020 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40128

Actions (login required)

View Item
View Item