SARI, MUTIA (2020) PENGEMBANGAN LAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111057 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM. 4151111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 4151111057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 4151111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 4151111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM. 4151111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM. 4151111057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 4151111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4151111057 BAB I.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
13. NIM. 4151111057 BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 4151111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis etnomatematika yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemahaman konsep matematika siswa terbangun bila dilihat dari proses jawaban yang dikonstruksi siswa setelah penggunaan LAS berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Medan yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan LAS berbasis etnomatematika pada pembelajaran matematika realistik yang berkualitas dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil validasi ditunjukkan dari validasi isi oleh pakar ahli yang menyatakan “LAS dapat digunakan tanpa revisi”. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik tahap one to one, kelas kecil dan respon guru dengan presentase masing-masing sebesar 75%, 75% dan 82,33%. Keefektifan dilihat dari ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,66%, ketercapaian tiap indikator sebesar 97,78%, 97%, dan 81,95% untuk tiap indikator, dan respon siswa positif sebesar 87,56%. Proses jawaban yang dikonstruksi siswa menunjukkan bahwa penggunaan LAS berbasis etnomatematika dapat membangun pemahaman konsep matematika siswa dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 071 |
Keywords: | Lembar Aktivitas Siswa, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendidikan Realistik, Penelitian Pengembangan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:27 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40128 |