Lestari, Furry Indah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2151111023 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM.2151111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM.2151111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM.2151111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM.2151111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM.2151111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM.2151111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM.2151111023 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
12. NIM.2151111023 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
13. NIM.2151111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Oleh Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah 1 Medan berjumlah 319 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test
post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks cerita fabel dalam bentuk essay tes.
Hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan menulis teks cerita fabel. Tesawal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 61,11 Standar Deviasi
= 9,22 dan Standar Error = 1, 59. Tes akhir (post-test) dengan nilai rata-rata 75,63 Standar Deviasi = 10,07 dan Standar Eror = 1,70. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 6,31 ,selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df =
(n-1) = (36-1) = 35. Pada tabel t dengan df 35 pada taraf 5% = 2,03. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,31 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) memberikan pengaruh yang
lebih baik terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan; menulis; teks cerita fabel; model MID |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 12:10 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 12:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39093 |