Farahdiba (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI DI SMAN 21 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156122008 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 8156122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. NIM 8156122008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM 8156122008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM 8156122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 8156122008 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 8156122008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8156122008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
9. NIM 8156122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13. NIM 8156122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
14. NIM 8156122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh antara hasil belajar
bahasa Prancis siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Model
Pembelajaran Kontekstual, (2) pengaruh antara hasil belajar bahasa Prancis siswa
dengan motivasi belajar tinggi dan rendah, (3) interaksi antara model
pembelajaran dan motivasi belajar pada hasil belajar bahasa Prancis siswa.
Populasi terdiri atas 280 siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan pada semester II
tahun akademik 2018/2019 dan sampel 66 siswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimental dengan menggunakan desain faktorial 2x2.
Instrumen tes bahasa Prancis terdiri atas instrumen tes kemampuan berbicara
Bahasa Prancis dan instrumen motivasi belajar terdiri dari 27 pernyataan. Teknik
analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Kesimpulannya adalah : (1) Hasil
belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek lebih tinggi secara signifikan
daripada Model Pembelajaran Kontekstual, dengan Fhitung> Ftabel (5,65 > 3,9),
karena dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek siswa diberikan tugas
melakukan percakapan bahasa Prancis sesuai tema. (2) Ada pengaruh yang
signifikan antara hasil belajar dengan motivasi belajar tinggi dan rendah, di mana
Fhitung> Ftabel (185,30 > 3,9), karena tes hasil belajar yang digunakan adalah
kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa. Siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi lebih mudah memahami tata cara berbicara dalam bahasa Prancis (3)
Ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran dan
motivasi belajar pada hasil belajar, dimana Fhitung> Ftabel (4,79 > 3,9), karena
Model Pembelajaran Berbasis Proyek sangat sesuai dengan karakteristik motivasi
belajar tinggi siswa, sedangkan motivasi belajar rendah sesuai dengan Model
Pembelajaran Kontekstual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 37.15 far p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Model Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 05:23 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 05:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36088 |