LUBIS, IMALA TUNIL KHAIRA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA XI IPA SMA PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141131021 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4141131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM 4141131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 4141131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 4141131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM 4141131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4141131021 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM 4141131021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM 4141131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM 4141131021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4141131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa serta interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan generik sains siswa pada pokok bahasan larutan asam dan basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan desain Faktorial 2 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random sampling, yakni kelas eksperimen (dengan model PBL) dan kelas kontrol (dengan model DI). Teknik pengumpulan data dengan metode tes, berupa soal-soal pokok bahasan larutan asam dan basa untuk mengukur hasil belajar kimia dan keterampilan generik sains siswa (pilihan berganda) dan soal essay berpikir kritis untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 5 item yang telah memenuhi syarat. Persyaratan uji normalitas menggunakan uji kolmogrov-smirnov, persyaratan uji homogenitas menggunakan uji levene. Analisis data menggunakan uji t satu pihak Paired Sample T-Test dan Analysis of Varians 2 × 2 faktorial menggunakan SPSS versi 20. Hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kimia, ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil keterampilan generik sains siswa, serta ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan generik sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 045 |
Keywords: | HASIL BELAJAR KIMIA, KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 09:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34910 |