Karimah (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111027 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 4143111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 4143111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 4143111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 4143111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 4143111027 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 4143111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8. NIM. 4143111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM. 4143111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
13. NIM. 4143111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM. 4143111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 12 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa uraian sebanyak empat soal. Dari hasil analisis data posttest diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 66,33 dengan simpangan baku 18,59 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 56,55 dengan simpangan baku 16,87. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dua pihak. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa atau yaitu atau . Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan tipe Student Teams Achievement Division pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 164 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan tipe student teams achivement division (STAD);kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:46 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33762 |