PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS

Karimah (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143111027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143111027 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143111027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143111027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143111027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143111027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143111027 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143111027 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143111027 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143111027 TABLES.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143111027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143111027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143111027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143111027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143111027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 12 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa uraian sebanyak empat soal. Dari hasil analisis data posttest diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 66,33 dengan simpangan baku 18,59 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 56,55 dengan simpangan baku 16,87. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dua pihak. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa atau yaitu atau . Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan tipe Student Teams Achievement Division pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 164
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan tipe student teams achivement division (STAD);kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:46
Last Modified: 10 Apr 2019 03:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item
View Item