PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRA UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATISDAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI 1 STABAT

Leung, Anggita Widiasari (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRA UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATISDAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 8166171003 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 8166171003 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 8166171003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 8166171003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166171003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166171003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166171003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166171003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166171003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166171003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166171003 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166171003 TABLE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166171003 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166171003 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166171003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166171003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8166171003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8166171003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166171003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166171003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan model discovey learning berbantuan geogebra; 2) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis model discovery learning berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-regulated learning siswa; 3) Menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran model discovery learning dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dan siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Stabat, Objek dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran model discovery learning pada materi garis dan sudut. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning berbantuan geogebra; 2) Perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, yang ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) respon siswa; 3) Kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning berbantuan geogebra yang telah dikembangkan lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 512.1 Leu p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, model 4-D, Discovery Learning, Geogebra, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Regulated Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:28
Last Modified: 09 Mar 2019 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33164

Actions (login required)

View Item
View Item