Leung, Anggita Widiasari (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRA UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATISDAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8166171003 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2.NIM 8166171003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
3. NIM 8166171003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM 8166171003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
5. NIM 8166171003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 8166171003 TABLE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM 8166171003 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8166171003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166171003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM 8166171003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan model discovey learning berbantuan geogebra; 2) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis model discovery learning berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-regulated learning siswa; 3) Menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran model discovery learning dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dan siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Stabat, Objek dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran model discovery learning pada materi garis dan sudut. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning berbantuan geogebra; 2) Perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, yang ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) respon siswa; 3) Kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning berbantuan geogebra yang telah dikembangkan lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 512.1 Leu p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, model 4-D, Discovery Learning, Geogebra, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Regulated Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2019 03:28 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33164 |