Ritonga, Ezalita Maisya (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8156171007 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM 8156171007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM 8156171007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 8156171007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. NIM. 8156171007 TABLES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 8156171007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 8156171007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8156171007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 8156171007 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan perangkat
pembelajaran berorientasi Model Eliciting Activities (MEA) untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP Negeri
17 Medan. Berdasarkan dari hasil uji coba I, uji coba II dan tahap penyebaran
(disseminate) perangkat pembelajaran berorientasi MEA yang dikembangkan
efektif, ditinjau dari: a) aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi yang telah
ditetapkan; b) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba I sebesar
3,62, pada uji coba II sebesar 4,01 dan pada tahap penyebaran sebesar 4,44%
dengan kategori sangat tinggi ( ; c) respon siswa terhadap perangkat
pembelajaran positif pada uji coba I, uji coba coba II dan tahap penyebaran d)
pencapaian tes kemampuan pemecahan masalah matematis tuntas secara secara
klasikal mencapai 85% siswa mendapatkan nilai minimal 75. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan
4-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan (LAS, Buku Guru, Buku Siswa,
Tes Kemampuan Pemcahan Masalah Matematis dan Angket Self-efficacy) sudah
memenuhi tingkat kevalidan dengan reliabilitas tes kemampuan pemecahan
masalah sebesar 0,829 (kategori sangat tinggi) dan angket self-efficacy siswa
sebesar 0,872 (kategori sangat tinggi). Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-
9 dan uji coba II pada kelas VII-6 kemudian tahap penyebaran pada kelas VII-2
SMPN 17 Medan. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi MEA dilihat
berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes sebesar 23,16% dengan
N-gain=0.65 kategori sedang; 3) Peningkatan self-efficacy siswa dengan
menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi MEA yang dikembangkan
dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes meningkat sebesar
22,6% dengan N-gain sebesar 0,67 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.207 1 Rit p |
Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, MEA, Pemecahan Masalah dan Self Efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 08:47 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29393 |