Wahyuni, Eka (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH AUTENTIK SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 16MEDANT.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4122121004 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4122121004 APPROACH SHEET.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4 NIM 4122121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5 NIM 4122121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6 NIM 4122121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7 NIM 4122121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 NIM 4122121004 TABLE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9 NIM 4122121004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
10 NIM 4122121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
14 NIM 4122121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15 NIM 4122121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3 NIM 4122121004 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Negeri 16 Medan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 16 Medan T.P. 2015/2015 yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 152 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas dari 4 kelas, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen diterapkan model PBL, dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 36 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes keterampilan pemecahan masalah yang telah divalidkan oleh validator, observasi aktivitas belajar, sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol 45,83. Setelah diberi perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,22 dan kelas kontrol 57,39. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Berdasarkan uji t dua pihak diperoleh thitung = -0,253 dan ttabel = 1,996 sehingga thitung < ttabel, maka kemampuan awal kedua kelas tersebut sama. Untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah autentik siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol maka dilakukan uji t satu pihak, hasil uji t diperoleh thitung = 4,990 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 maka Ha diterima, dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA N 16 Medan T.P 2015/2016. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 77,21 termasuk dalam kriteria aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 145 |
Keywords: | Model Problem Based Learning;Keterampilan Pemecahan Masalah ;Suhu dan kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20571 |