EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII MTSN BINJAI

Hifni, Muhammad (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII MTSN BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136175011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136175011 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136175011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136175011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136175011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136175011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136175011 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136175011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136175011 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136175011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136175011 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136175011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136175011 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136175011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136175011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136175011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136175011 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136175011 BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136175011 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136175011 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136175011 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136175011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dan pembelajaran konvensional, dan mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir logis siswa yang diberikan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dan pembelajaran konvensional
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Binjai Semester Genap T.P 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 71 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu VIII-4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Inquiry Training sebanyak 35 orang dan VIII-3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis menggunakan Independent sample t test pada taraf signifikan 0,05 dengan bantuan SPSS 17.0 for windows.
Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa Model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash lebih baik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa daripada model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa daripada model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 500.071 Hif e
Keywords: Inquiry Training; Macromedia flash; Keterampilan proses sains; Kemampuan berpikir logis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:47
Last Modified: 14 Apr 2016 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item
View Item