PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN

Ritonga, Ezalita Maisya (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171007 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156171007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156171007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171007 TABLES.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171007 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156171007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8156171007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156171007 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi Model Eliciting Activities (MEA) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP Negeri 17 Medan. Berdasarkan dari hasil uji coba I, uji coba II dan tahap penyebaran (disseminate) perangkat pembelajaran berorientasi MEA yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi yang telah ditetapkan; b) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba I sebesar 3,62, pada uji coba II sebesar 4,01 dan pada tahap penyebaran sebesar 4,44% dengan kategori sangat tinggi ( ; c) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif pada uji coba I, uji coba coba II dan tahap penyebaran d) pencapaian tes kemampuan pemecahan masalah matematis tuntas secara secara klasikal mencapai 85% siswa mendapatkan nilai minimal 75. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan (LAS, Buku Guru, Buku Siswa, Tes Kemampuan Pemcahan Masalah Matematis dan Angket Self-efficacy) sudah memenuhi tingkat kevalidan dengan reliabilitas tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,829 (kategori sangat tinggi) dan angket self-efficacy siswa sebesar 0,872 (kategori sangat tinggi). Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII- 9 dan uji coba II pada kelas VII-6 kemudian tahap penyebaran pada kelas VII-2 SMPN 17 Medan. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi MEA dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes sebesar 23,16% dengan N-gain=0.65 kategori sedang; 3) Peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi MEA yang dikembangkan dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes meningkat sebesar 22,6% dengan N-gain sebesar 0,67 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyuhputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: 519.207 1 Rit p
Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, MEA, Pemecahan Masalah dan Self Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29393

Actions (login required)

View Item View Item