Lubis, Atikah Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. CURRICULLUM VITAE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
10. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
14. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas x semester II di SMA Negeri 1 Stabat T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 335 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 39 orang dan kelas X1 kelas kontrol yang berjumlah 38 orang. Instrumen digunakan yaitu instrumen tes hasil belajar dalam bentuk uraian dengan jumlah 10 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi aktivitas siswa diamati oleh dua observer dan dianalisis secara deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan ∝=0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 21,47 dengan SD = 5,89 dan kelas kontrol = 21,26 dengan SD = 5,84. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,02 dan Ftabel = 1,72, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji beda menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,159 < ttabel = 1,995, Ho diterima berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 70,25 dan 61,68. Dari hasil observasi aktivitas belajar siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV, diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa di kelas eksperimen sebesar 77,15 dengan kategori aktif dan nilai rata-rata aktivitas di kelas kontrol sebesar 50,81 dengan kategori cukup aktif. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 4,19 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji t bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis kelas X Semester II SMA Negeri 1 Stabat T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 055 |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar; Quasi Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 09:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9798 |