Pratiwi, Mustika (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172041 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. 8106172041 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. 8106172041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. 8106172041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. 8106172041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. 8106172041 TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. 8106172041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. 8106172041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
12. 8106172014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
13. 8106172014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D, interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, dan untuk mendeskripsikan proses jawaban siswa pada tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel sebanyak 80 siswa. Sampel terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal/prasyarat, kemampuan pemahaman konsep matematik, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis varian dua jalur dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi model konvensional. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Proses jawaban dari tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D menunjukkan ketercapaian indikator kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik yang lebih lengkap daripada pembelajaran model konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Pra p |
Keywords: | Pemahaman konsep; Pemecahan masalah; Software cabri 3D; Penemuan terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 09:08 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8204 |