Mahadi (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (4) interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMP Ar-Rahman Percut yang berjumlah 337 siswa, sedangkan sampelnya terdiri 30 siswa pada kelas VII-C dan 30 siswa pada kelas VII-D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematis, serta pretes dan postes skala kemandirian belajar. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus Anava Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mah p |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematis; Kemandirian belajar; Pembelajaran berdasarkan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 08:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8196 |