Sipahutar, Arsad Halomoan (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172009 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 8136172009 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. 8136172009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. 8136172009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. 8136172009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. 8136172009 TABLES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7. 8136172009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. 8136172009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
12. 8136172009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. 8136172009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah peningkatan kemampuan representasi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan bantuan Autograph lebih tinggi daripada kemampuan representasi siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share tanpa bantuan Autograph ditinjau dari setiap indikator kemampuan representasi. (2) apakah peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan bantuan Autograph lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share tanpa bantuan Autograph ditinjau dari setiap aspek kemampuan pemahaman. (3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan bantuan Autograph. (4) bagaimana proses jawaban yang dibuat siswa dalam menjawab soal pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMK IT Marinah Al-Hidayah Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini diawali dengan tes ujicoba perangkat dan instrumen penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan ketuntasan, aktifitas dan variasi jawaban siswa. Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis dengan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share menggunakan Autograph lebih tinggi yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 67,38 sedangkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share tanpa Autograph memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,75 (2) kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 69,81 sedangkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share tanpa Autograph memperoleh nilai rata-rata sebesar 59,81 (3) aktivitas siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan Autograph adalah baik, (4) pola jawaban siswa lebih bervariasi. Dengan demikian yang menjadi saran selanjutnya adalah (i) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Autograph merupakan salah satu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan materi pelajaran matematika (ii) kepada peneliti lain dapat melanjutkan penelitian pada pokok bahasan dan kemampuan matematika yang lain dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Autograph.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515.355 071 9 Sip p |
Keywords: | Kemampuan representasi dan pemahaman matematis; Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan autograph |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8181 |