PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 067242 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016

Sianipar, Nina Junisa (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 067242 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1122111011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1122111011 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1122111011 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1122111011 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1122111011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1122111011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1122111011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1122111011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1122111011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1122111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1122111011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1122111011 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1122111011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1122111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1122111011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1122111011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1122111011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1122111011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1122111011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1122111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1122111011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1122111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

ikan Universitas Negeri Medan.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal. Sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa digunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV-A yang berjumlah 41 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lebar observasi dan angket. Kriteria penilaian minat dilakukan secara individu dan klasikal dimana persentase minimal yang ingin dicapai adalah 60%.
Berdasarkan analisis data pada observasi kondisi awal terdapat 3 indikator (75%) termasuk kriteria cukup dan 1 indikator (25%) termasuk kriteria kurang, Pada siklus I pertemuan I dan II mengalami peningkatan didapat rata-rata bahwa 3 indikator (75%) termasuk kriteria cukup dan 1 indikator (25%) termasuk kriteria baik. Dari pelaksanaan siklus II pertemuan I dan II juga mengalami peningkatan yang baik yaitu semua indikator mendapat kriteria baik. Selain observasi terhadap siswa juga dilakukan observasi terhadap guru dengan perolehan skor pada siklus I yaitu 66.6 dan pada siklus II dengan perolehan skor 87.5. Analisis data angket pada kondisi awal terdapat 5 orang siswa (12,20%) yang berminat pada mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi. Dari pelaksanaan siklus I siswa yang berminat pada mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi meningkat menjadi 17 orang siswa (41,47%). Dari pelaksanaan siklus II minat belajar siswa semakin meningkat dengan 37 orang siswa (90.25%) yang berminat pada mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi. Data ini menunjukkan peningkatan minat belajar siswa sebesar 49% dari pelaksanaan siklus I.
Dari temuan dan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD. Oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 059
Keywords: Minat Belajar; Model Pembelajaran;IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:40
Last Modified: 20 Jul 2016 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item
View Item