PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SITINJO TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Tanjung, Yessi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SITINJO TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111011_Cover.pdf] Text
2203111011_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2203111011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111011_Abstrak.pdf] Text
2203111011_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 2203111011_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111011_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 2203111011_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111011_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2203111011_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111011_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 2203111011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2203111011_BAB_I.pdf] Text
2203111011_BAB_I.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 2203111011_BAB_II.pdf] Text
2203111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[thumbnail of 2203111011_BAB_III.pdf] Text
2203111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[thumbnail of 2203111011_BAB_IV.pdf] Text
2203111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[thumbnail of 2203111011_BAB_V.pdf] Text
2203111011_BAB_V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 2203111011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 2203111011_Lampiran.pdf] Text
2203111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjo. Populasi
dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjo, yang berjumlah 147 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain one group pre-test-post-test. Analisis data dilakukan menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test sebesar 84,65, yang berada pada kategori baik, sedangkan rata-rata nilai pre-test sebesar 64,84, yang berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian dan uji "t" (8,224 > 2,04523), hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sitinjo pada tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Meaningful Instructional Design; Keterampilan Menulis; Teks Laporan Hasil Observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:13
Last Modified: 31 Jul 2025 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64616

Actions (login required)

View Item
View Item