PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEDAN

Hutapea, Rut Olivia Lestari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111046_Cover.pdf] Text
2203111046_Cover.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 2203111046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2203111046_Abstrak.pdf] Text
2203111046_Abstrak.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 2203111046_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111046_Kata_Pengantar.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 2203111046_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111046_Daftar_Isi.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 2203111046_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111046_Daftar_Tabel.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2203111046_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111046_Daftar_Lampiran.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 2203111046_BAB_I.pdf] Text
2203111046_BAB_I.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 2203111046_BAB_II.pdf] Text
2203111046_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[thumbnail of 2203111046_BAB_III.pdf] Text
2203111046_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[thumbnail of 2203111046_BAB_IV.pdf] Text
2203111046_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111046_BAB_V.pdf] Text
2203111046_BAB_V.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 2203111046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 2203111046_Lampiran.pdf] Text
2203111046_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), (2) untuk mendeskripsikan
kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), dan (3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group post-test design, yaitu desain penelitian dengan menggunakan dua kelompok yang dipilih secara acak. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan dengan sampel 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji persyaratan analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian
bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi siswa di kelas kontrol yaitu 63,93 yang tergolong pada kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi siswa di kelas eksperimen yaitu 83,06 yang tergolong pada kategori baik. Kemudian, melalui pengujian hipotesis yaitu dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 8,69>2,039, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray; Kemampuan Menulis; Teks Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:28
Last Modified: 29 Jul 2025 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64505

Actions (login required)

View Item
View Item