PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Purba, Rosy Gina Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311022_Cover.pdf] Text
2203311022_Cover.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 2203311022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311022_Abstrak.pdf] Text
2203311022_Abstrak.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 2203311022_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311022_Kata_Pengantar.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 2203311022_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311022_Daftar_Isi.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 2203311022_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311022_Daftar_Tabel.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 2203311022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 2203311022_BAB_I.pdf] Text
2203311022_BAB_I.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of 2203311022_BAB_II.pdf] Text
2203311022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311022_BAB_III.pdf] Text
2203311022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311022_BAB_IV.pdf] Text
2203311022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2203311022_BAB_V.pdf] Text
2203311022_BAB_V.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 2203311022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 2203311022_Lampiran.pdf] Text
2203311022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 30 Medan. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 256 siswa, Sampel penelitian sebanyak 32 siswa untuk kelas kontrol dan 32 untuk kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design penelitian two group post-test dan pengambilan sampel dilakukan secara secara acak atau simple random sampling. Hasil penelitian ini diuji dengan persyaratan analisis statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data penelitian menunjukkan hasil uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan 0,05, hasil data variabel X 0,064 < 0,1566, dan hasil uji normalitas data variabel Y 0,1171 < 0,1566. Hasil uji homogenitas penelitian ini Fhitung < Ftabel, yakni 1,14 < 1,82, dan uji hipotesis t0 > ttabel, yaitu 10,283 > 1,69. Kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 57,84 sedangkan, kemampuan siswa kelas dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam menulis teks prosedur berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 82,17. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Hal ini membuktikan bahwa model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII UPT SMP Negeri 30 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Think Pair Share (TPS); Menulis; Teks Prosedur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:32
Last Modified: 29 Jul 2025 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64493

Actions (login required)

View Item
View Item