Pelawi, Risma Yani (2024) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAS AR-RAHMAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111055_Cover.pdf
Download (62kB)
2203111055_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (722kB)
2203111055_Abstrak.pdf
Download (134kB)
2203111055_Kata_Pengantar.pdf
Download (224kB)
2203111055_Daftar_Isi.pdf
Download (102kB)
2203111055_Daftar_Tabel.pdf
Download (72kB)
2203111055_Daftar_Lampiran.pdf
Download (71kB)
2203111055_BAB_I.pdf
Download (400kB)
2203111055_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (546kB)
2203111055_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (862kB)
2203111055_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111055_BAB_V.pdf
Download (99kB)
2203111055_Daftar_Pustaka.pdf
Download (101kB)
2203111055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model creative problem solving terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA S Ar- Rahman Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 52 siswa. Sampel terdiri dari total seluruh siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol 25 siswa dan kelas eksperimen 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian post-test control group design. Hasil pengolahan data menunjukkan 1) kemampuan menulis teks eskposisi tanpa menggunakan model creative problem solving diperoleh nilai rata-rata 69,2 kategori cukup. 2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa menggunakan model creative problem
solving diperoleh nilai rata-rata 85,55 dengan kategori sangat baik. Pada pengujian hipotesis uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 7.256 dan t tabel dengan taraf signifikan
� = 0,05 dan n = 27 yaitu 1,314. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa t hitung 7.256 > t tabel 1,314 dan hipotesis Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada penggunaan model creative problem solving terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA S Ar-Rahman Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Creative Problem Solving; Menulis; Teks Eksposisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:23 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 01:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64491 |
