PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAS AR-RAHMAN MEDAN

Pelawi, Risma Yani (2024) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAS AR-RAHMAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111055_Cover.pdf] Text
2203111055_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2203111055_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111055_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of 2203111055_Abstrak.pdf] Text
2203111055_Abstrak.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 2203111055_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111055_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 2203111055_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111055_Daftar_Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 2203111055_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111055_Daftar_Tabel.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2203111055_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111055_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 2203111055_BAB_I.pdf] Text
2203111055_BAB_I.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 2203111055_BAB_II.pdf] Text
2203111055_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[thumbnail of 2203111055_BAB_III.pdf] Text
2203111055_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[thumbnail of 2203111055_BAB_IV.pdf] Text
2203111055_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111055_BAB_V.pdf] Text
2203111055_BAB_V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 2203111055_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 2203111055_Lampiran.pdf] Text
2203111055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model creative problem solving terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA S Ar- Rahman Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 52 siswa. Sampel terdiri dari total seluruh siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol 25 siswa dan kelas eksperimen 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian post-test control group design. Hasil pengolahan data menunjukkan 1) kemampuan menulis teks eskposisi tanpa menggunakan model creative problem solving diperoleh nilai rata-rata 69,2 kategori cukup. 2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa menggunakan model creative problem
solving diperoleh nilai rata-rata 85,55 dengan kategori sangat baik. Pada pengujian hipotesis uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 7.256 dan t tabel dengan taraf signifikan
� = 0,05 dan n = 27 yaitu 1,314. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa t hitung 7.256 > t tabel 1,314 dan hipotesis Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada penggunaan model creative problem solving terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA S Ar-Rahman Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Creative Problem Solving; Menulis; Teks Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:23
Last Modified: 29 Jul 2025 01:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64491

Actions (login required)

View Item
View Item