PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SABILIN TAHUN AJARAN 2023/2024

Putri, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SABILIN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311005_Cover.pdf] Text
2203311005_Cover.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 2203311005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 2203311005_Abstrak.pdf] Text
2203311005_Abstrak.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 2203311005_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311005_Kata_Pengantar.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 2203311005_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311005_Daftar_Isi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 2203311005_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311005_Daftar_Tabel.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2203311005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 2203311005_BAB_I.pdf] Text
2203311005_BAB_I.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 2203311005_BAB_II.pdf] Text
2203311005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[thumbnail of 2203311005_BAB_III.pdf] Text
2203311005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[thumbnail of 2203311005_BAB_IV.pdf] Text
2203311005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311005_BAB_V.pdf] Text
2203311005_BAB_V.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 2203311005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 2203311005_Lampiran.pdf] Text
2203311005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Sabilina. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII yang
berjumlah 192 siswa. Sampel terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 30 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian two group post-test Design dengan pendekatan kuantitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dalam menulis naskah
drama menggunakan metode konvensional masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67 dan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Brain Writing masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 83. Berdasarkan hasil
uji normalitas yaitu kelas kontrol 0,111661 < 0,161 dan kelas eksperimmen 0,15383 < 0,161. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,0836 > 1,70113 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang cukup signifikan dari penggunaan Model Pembelajan Brain Writing terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Brain Writing; Menulis; Naskah Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:04
Last Modified: 29 Jul 2025 01:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64490

Actions (login required)

View Item
View Item