Pasaribu, Nazwa Rahmadhani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203311049_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Cover.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 2203311049_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (976kB)
![[thumbnail of 2203311049_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Abstrak.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of 2203311049_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Kata_Pengantar.pdf
Download (275kB)
![[thumbnail of 2203311049_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 2203311049_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Daftar_Tabel.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 2203311049_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Daftar_Lampiran.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 2203311049_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_BAB_I.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of 2203311049_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (846kB)
![[thumbnail of 2203311049_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (857kB)
![[thumbnail of 2203311049_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203311049_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_BAB_V.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 2203311049_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Daftar_Pustaka.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 2203311049_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311049_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menjelaskan keterampilanan menulis teks prosedur siswa sebelum menggunakan model pembelajaran brain writing; (2) untuk menjelaskan keterampilan menulis teks prosedur siswa setelah
menggunakan model pembelajaran brain writing; (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran brain writing terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen one
group pre-test post-test design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 36 siswa, dan pengambilan sampel dilakukan secara acak atau simple random sampling. Hasil penelitian ini diuji dengan persyaratan analisis statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, diperoleh beberapa temuan, diantaranya: (1) Keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan sebelum menerapkan model pembelajaran brain writing diperoleh nilai rataratanya, yaitu 67,83 standar deviasi 7,93 dan standar error, yaitu 1,34. (2) Nilai rata-rata keterampilan menulis prosedur pada siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan setelah menerapkan model pembelajaran brain writing, yaitu 89,63,
standar deviasi 6,74 dan satndar error, yaitu 1,14. (3) Hasil perhitungan uji normalitas pada data pre-test diperoleh hasil 0,0998 < 0,1476 atau Lhitung < Ltabel, hal ini berarti data hasil pre-test berdistribusi normal dan hasil perhitungan uji normalitas pada data post-test diperoleh hasil 0,1233 < 0,1476 atau Lhitung < Ltabel, hal ini berarti data hasil post-test juga berdistribusi normal. (4) Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 1,384 < 1,757, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki varians yang
homogen. (5) Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh Thitung > Ttabel atau 12,46 > 1,690, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran brain writing
terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Menulis; Model Brain Writing; Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64481 |