Hasibuan, Nadya Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS HIDAYATUSSALAM BANDAR KHALIPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111066_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Cover.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 2203111066_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111066_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Abstrak.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 2203111066_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Kata_Pengantar.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of 2203111066_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Daftar_Isi.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 2203111066_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Daftar_Tabel.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 2203111066_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Daftar_Lampiran.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 2203111066_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_BAB_I.pdf
Download (670kB)
![[thumbnail of 2203111066_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (884kB)
![[thumbnail of 2203111066_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111066_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111066_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_BAB_V.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 2203111066_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Daftar_Pustaka.pdf
Download (506kB)
![[thumbnail of 2203111066_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Daftar_Pustaka.pdf
Download (506kB)
![[thumbnail of 2203111066_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111066_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Hidayatussalam Bandar Khalipah sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match Tahun Pembelajaran 2023/2024. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Hidayatussalam Bandar Khalipah setelah
menggunakan model pembelajaran Make A Match Tahun Pembelajaran 2023/2024. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Hidayatussalam Bandar Khalipah Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu 31 peserta didik yang hanya tersebar 1 kelas. Sampel penelitian terdapat 1 kelas yaitu kelas VIII sebanyak 31 peserta didik. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain one group Pre-Test dan Post-Test design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai rata rata kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum menerapkan perlakuan yaitu 54,58 tergolong kedalam kategori kurang sedangkan nilai rata rata keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menerapkan perlakuan yaitu
83,32 tergolong kedalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berpengaruh dan meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik kelas VIII MTs Hidayatussalam Bandar Khalipah. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari uji hipotesi thitung > ttabel, yaitu 14,89 > 1,934, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh
signifikan penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik kelas VIII MTs Hidayatussalam Bandar Khalipah tahun pembelajaran 2023/20204.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran; model make a match; kemampuan menulis; teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64477 |