PENGARUH PENDEKATAN BERBASIS GENRE (GENRE BASED APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X SMA SWASTA PGRI 20 SIBORONGBORONG

Tambunan, Melissa Arta Anastasya (2024) PENGARUH PENDEKATAN BERBASIS GENRE (GENRE BASED APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X SMA SWASTA PGRI 20 SIBORONGBORONG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111022_Cover.pdf] Text
2203111022_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 2203111022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 2203111022_Abstrak.pdf] Text
2203111022_Abstrak.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2203111022_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111022_Kata_Pengantar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 2203111022_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111022_Daftar_Isi.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 2203111022_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111022_Daftar_Tabel.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 2203111022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2203111022_BAB_I.pdf] Text
2203111022_BAB_I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 2203111022_BAB_II.pdf] Text
2203111022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[thumbnail of 2203111022_BAB_III.pdf] Text
2203111022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[thumbnail of 2203111022_BAB_IV.pdf] Text
2203111022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111022_BAB_V.pdf] Text
2203111022_BAB_V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 2203111022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2203111022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2203111022_Lampiran.pdf] Text
2203111022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach) terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas X yang berjumlah 397 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu 40 siswa di kelas kontrol dan 40 siswa di kelas eksperimen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dan menggunakan desain penelitian two group posttest only design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini simple
random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik tes dan non tes berupa wawancara serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji
persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan, kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong tanpa menggunakan Pendekatan Berbasis
Genre (Genre Based Approach) tergolong dalam kategori cukup dengan nilai ratarata 60,25 dan kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong dengan menggunakan Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach) tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
79,75. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil hipotesis t0 > ttabel, yaitu 8,690 > 2,021 yang mengindikasikan bahwa Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendekatan pembelajaran; pendekatan berbasis genre; kemampuan menulis; teks puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:48
Last Modified: 28 Jul 2025 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64469

Actions (login required)

View Item
View Item