Tambunan, Melissa Arta Anastasya (2024) PENGARUH PENDEKATAN BERBASIS GENRE (GENRE BASED APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X SMA SWASTA PGRI 20 SIBORONGBORONG. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111022_Cover.pdf
Download (39kB)
2203111022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (358kB)
2203111022_Abstrak.pdf
Download (82kB)
2203111022_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
2203111022_Daftar_Isi.pdf
Download (146kB)
2203111022_Daftar_Tabel.pdf
Download (117kB)
2203111022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (115kB)
2203111022_BAB_I.pdf
Download (415kB)
2203111022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (634kB)
2203111022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (630kB)
2203111022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111022_BAB_V.pdf
Download (135kB)
2203111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (200kB)
2203111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (200kB)
2203111022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach) terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas X yang berjumlah 397 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu 40 siswa di kelas kontrol dan 40 siswa di kelas eksperimen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dan menggunakan desain penelitian two group posttest only design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini simple
random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik tes dan non tes berupa wawancara serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji
persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan, kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong tanpa menggunakan Pendekatan Berbasis
Genre (Genre Based Approach) tergolong dalam kategori cukup dengan nilai ratarata 60,25 dan kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong dengan menggunakan Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach) tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
79,75. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil hipotesis t0 > ttabel, yaitu 8,690 > 2,021 yang mengindikasikan bahwa Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pendekatan pembelajaran; pendekatan berbasis genre; kemampuan menulis; teks puisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:48 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 07:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64469 |
