Sirait, Lilis Suryanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2182111020_Cover.pdf
Download (202kB)
2182111020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (913kB)
2182111020_Abstrak.pdf
Download (135kB)
2182111020_Kata_Pengantar.pdf
Download (177kB)
2182111020_Daftar_Isi.pdf
Download (156kB)
2182111020_Daftar_Tabel.pdf
Download (115kB)
2182111020_Daftar_Gambar.pdf
Download (73kB)
2182111020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
2182111020_BAB_I.pdf
Download (478kB)
2182111020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (714kB)
2182111020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (698kB)
2182111020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
2182111020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
2182111020_BAB_V.pdf
Download (154kB)
2182111020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (165kB)
2182111020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan sebelum menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create). (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan sesudah menggunakan metode pembelajaran RADEC (Read, Answer,
Discuss, Explain, and Create). (3) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan dan sampel sebanyak 36 orang siswa kelas X-10 SMA Negeri 11 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik
analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada saat pre-test diperoleh rata-rata sebesar 64,58 yang termasuk pada kategori cukup, dimana standar deviasinya berjumlah 8,12. Sementara itu
nilai rata-rata sesudah menggunakan model pembelajaran RADEC adalah 80,89 yang berada pada kategori baik, dimana standar deviasinya berjumlah 6,92. Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (9,11 > 1,68). Berdasarkan data
tersebut, maka hasil dari penelitian ini ialah: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran RADEC kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan berada pada kategori cukup. 2) Sesudah menggunakan model pembelajaran RADEC kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan berada pada kategori baik. 3) Terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengaruh; Model Pembelajaran RADEC; Teks Eksposisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:22 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 04:22 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64383 |
