Barus, Adinda Mutiara (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DENGAN METODE KASUS UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS XI MPLB SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7202344001_Cover.pdf
Download (295kB)
7202344001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7202344001_Abstrak.pdf
Download (1MB)
7202344001_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7202344001_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
7202344001_Daftar_Tabel.pdf
Download (479kB)
7202344001_Daftar_Gambar.pdf
Download (478kB)
7202344001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (479kB)
7202344001_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7202344001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
7202344001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7202344001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
7202344001_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7202344001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
7202344001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk. Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis Canva dengan metode kasus. Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa pada materi komunikasi di tempat kerja kelas XI MPLB di SMKN 1 Medan. Pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui lima tahap dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan evaluasi. Media pembelajaran ini telah di validasi dan di revisi kemudian dilakukan tahap penerapan uji coba. Sampel pada tahap uji coba berjumlah 49 siswa melalui tiga tahap uji coba yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Subjek penelitian ini melibatkan satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Hasil validasi media sebesar 88,33% dengan kategori "sangat valid" validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 90,37% dengan kategori "sangat valid" kemudian angket respon siswa mendapatkan rata-rata skor 88,08% dengan kategori "sangat baik". Pada hasil analisis N-Gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,82 dengan kategori "tinggi". Berdasarkan skor dari angket pengamatan guru terhadap siswa memperoleh persentase ketercapaian sebesar 80,00% dengan kategori "sangat baik". Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran berbasis Canva dengan metode kasus dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Canva dengan metode kasus efektif dalam melatih kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Canva, Metode Kasus, Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kritis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:33 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 03:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64370 |
